Selasa, 11 September 2018

Published September 11, 2018 by with 0 comment

Cara Kerja Antarkomputer (input-proses-output)





Cara Kerja Antarkomputer (input-proses-output)







Dari penjelasan di atas dapat di simpulkan bahwa komponen komputer adalah bagian-bagian komputer yang membentuk suatu kesatuan. Komponen penting dari komputer ada 3 yaitu hardware, software, brandware. Prinsip kerja komputer yaitu di awali dengan memasukkan data dari perangkat input, lalu data tersebut di olah sedemikian rupa oleh CPU sesuai yang kita inginkan dan data yang telah di olah tadi di simpan dalam memori komputer atau disk. Data yang disimpan dapat kita lihat hasilnya melalui perangkat luaran.

HUBUNGAN ANTARA HARDWARE, SOFTWARE DAN BRAINWARE





Siklus Pengolahan Data Komputer

Suatu proses pengolahan data terdiri dati 3 tahapan dasar yang disebut dengan siklus pengolahan data ( data processing cycle). Gambar siklus pengolahan data seperti diagram dibawah ini.

 
Tiga tahap dasar dari siklus pengolahan data diatas dapat dikembangkan lebih lanjut(expanded data processing cycle). Tiga tahapan diatas dapat ditambah menjadi lebih banyak lagi sesuai kebutuhan. Gambarnya seperti dibawah ini.




Keterangan dari diagram diatas yaitu:
  1. Origination tahapan ini berhubunngan dengan proses dari pengumpulan data yang biasanya merupakan proses pencatatan (recording), data ke dokumen dasar.
  2. Input tahapan ini merupakan proses memasukkan data kedalam sistem komputer lewat input device.
  3. Processing tahapan ini merupakan proses pengolahan dari data yang sudah dimasukkan yang dilakukan oleh processing device yang berupa penghitungan, membandingkan, mengurutkan, mengklasifikasikan, mengendalikan atau mencari di memori.
  4. Output tahanpan ini merupakan proses menghasilkan output dari pengolahan data ke output device yang berupa informasi hasil pengolahan.
  5. Distribution tahapan ini merupaakan proses dari distribusi output hasil pengolahan kepada pihak yang berhak dan membutuhkan informasi.
  6. Storage tahapan ini merupakanproses perekaman hasil pengolahan ke alat penyimpan (storage device) dan dapat dipergunakan kembali sebagai input untuk proses selanjutnya. Dua anak panah yang berlawwanan arah menunjukkan hasil pengolahan dapat disimpan atau diambil kembali jika dibutuhkan untuk pengolahan data selanjutnya. 


Sumber :

https://www.kata.co.id/Pengertian/Komponen-komponen-komputer-dan-fungsinya/1592

      edit

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.